Khasiat Daun Anting Anting Bagi Kesehatan

khasiatumbuhanalam - Kali ini mari kita membahas mengenai manfaat dari daun anting anting, Mungkin memang terdengar asing bagi anda karena memang tidak begitu dibudidayakan dan menjadi tanaman liar di antara semak-semak saja. Namun, tahukah anda bahwa ternyata tumbuhan anting anting memiliki khasiat dan manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan manusia. Tanaman anting-anting memiliki nama latin Acalypha australis linn yang masih termasuk di dalam keluarga Euphobiaceae. Jika di Indonesia tumbuhan ini dinamakan dengan tumbuhan anting-anting maka jika di china tumbuhan ini dikenal dengan nama Tie Xian.

Salah satu bagian yang cukup terkenal mengandung banyak manfaat dan khasiat adalah bagian daunnya. Bagian daun anting-anting memiliki kandungan nutrisi yang ampuh dalam mengobati berbagai penyakit. Kandungan nutrisi di dalamnya dipercaya akan menghasilkan efek farmakologis seperti diantaranya sebagai manfaat antibotik, peluruh seni dan menghentikan pendarahan yang terjadi di dalam tubuh.

Ada beberapa manfaat dari daun anting anting yang dapat anda gunakan sebagai alternatif obat herbal. Obat herbal memang menjadi pilihan terbaik saat ini karena semakin besar efek samping yang ditimbulkan oleh obat-obatan kimia. Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya berikut ini :

Khasiat Daun Anting Anting Bagi Kesehatan







1. Mengobati berak darah, batuk dan mimisan

Penyakit berak darah tidak boleh disepelekan karena bisa membuat penyakit yang lebih serius terutama di daerah organ pencernaan. Penyakit batuk juga meskipun dianggap sepele namun jika tidak kunjung sembuh akan sangat berbahaya bagi tubuh anda bukan itu saja jika anda mengalami mimisan juga perlu diwaspadai karena hal itu mengindikasikan bahwa terjadi peradangan di dalam pembuluh darah sehingga menyebabkan pendarahan melalui hidung.

Cara mengobati beberapa penyakit tersebut anda bisa menyiapkan 30 hingga 60 gram daun anting-anting yang telah kering. Kemudian rebuslah daun tersebut dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas air saja. setelah itu biarkan hingga cukup dingin, saring dan minumlah ramuan tersebut secara rutin sebanyak 2 kali sehari. Lakukanlah secara rutin hingga penyakit yang dirasakan sembuh.

2. Mengobati penyakit disentri

Jika anda mengalami penyakit disentri pasti sangat tidak menyenangkan karena anda akan sulit dalam melakukani berbagai aktivitas. Oleh karena itu anda bisa menggunakan daun anting-anting sebagai solusinya. Caranya hampir sama dengan ramuan pada penyakit berak darah, mimisan dan batuk hanya saja minumlah ramuan ini secara rutin 5 hingga 10 hari.

Jika disentri masih saja tidak kunjung sembuh, anda sebaiknya segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter untuk mendapatkan diagnose yang tepat karena bisa jadi yang anda alami bukan disentri melainkan gejala dari penyakit lainnya yang lebih parah.

3 Mengatasi luka bakar

Jika anda mengalami luka bakar, anda bisa menggunakan ramuan daun anting-anting untuk mengobatinya dengan mudah dan cepat. Anda hanya pelru menyiapkan daun anting-anting kemudian tumbuk hingga lembut dan tumbukan tersebut kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar. Lakukanlah rutin hingga luka sembuh.

4. Mengobati penyakit kulit

Zat antiseptic yang ada di dalam daun anting-anting akan dengan mudah membasmi bakteri yang ada didalam luka tubuh anda karena penyakit kulit seperti gatal dan kudis. Caranya anda bisa menempelkan daun anting-ating yang sudah ditumbuk pada bagian tubuh yang luka dan gatal.

5. Mengobati penyakit diare dan muntah darah

Diare merupakan salah satu penyakit yang kadang disepelekan oleh banyak orang. namun jika dibiarkan akan sangat berbahaya karena bisa menguras cairan tubuh. anda juga akan sangat berbahaya jika mengalami muntah darah karena ini menandakan terjadi pendarahan di dalam tubuh anda. Jika anda mengalaminya sebaiknya segera siapkan daun anting-anting satu genggam tangan dan rebuslah dengan 2 gelas air.

Tunggulah rebusan tersebut hingga menjadi 1 gelas saja dan kemudian dinginkan, setelah siap saring dan minumlah ramua tersebut secara rutin sebanyak 2 kali sehari ½ gelas. Jika anda tidak suka dengan rasanya anda bisa menambahkan gula jawa dan daun salam atau daun sereh. Dengan itu anda akan mendapatkan rasa yang lebih enak dan aroma yang lebih segar.

Demikian beberapa manfaat dan khasiat yang bisa anda dapatkan dari penggunaan daun anting-anting sebagai obat herbal, karena manfaatnya sangat besar dan baik bagi tubuh sebaiknya anda menanam tanaman anting-anting di kebun rumah anda supaya jika terjadi berbagai penyakit anda bisa mencarinya dengan mudah. Dan karena ada banyak orang yang tidak mengetahui tanaman ini sebaiknya anda juga memberitahu mereka.

Ironisnya karena banyak orang yang tidak mengetahui bahwa tanaman anting-anting bisa dijadikan sebagai salah satu obat herbal, banyak manusia yang justru menebangnya karena dianggap sebagai salah satu tanaman liar atau semak-semak yang membuat kebun atau rumah menjadi tidak bersih. Padahal jika diteliti bersama, tanaman anting-anting sangat memiliki kandungan yang banyak dari setiap bagian tubuhnya dan bisa dikonsumsi dalam keadaan segar maupun dalam keadaan kering.